Thursday, May 18, 2017

Instalasi Docker Pada CentOS 7


Hallo All, Assalamualaikum Wr.Wb
Baiklah, kali ini saya akan menjelaskan tentang "Instalasi Docker Pada CentOS 7".
Jadi sebenarnya instalasi Docker itu sangat lah mudah , sama seperti kita menginstal paket - paket yang ada pada Linux, Windows, maupun Mac OS. Pada sistem operasi Linux, kita hanya perlu memasukan Repository Docker ke dalam sistem operasi yang ingin diinstal Docker.

Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang Docker kalian bisa visit link ini : http://fahmilatiefmunir.blogspot.co.id/2017/05/penjelasan-tentang-docker.html

Baiklah, jadi pada proses Instalasi Docker di CentOS, pastikan kalian menggunakan CentOS 7 64 bit dengan kernel minimal versi 3.10.

Instalasi Docker
Pada proses Instalasi Docker pada CentOS 7 memiliki beberapa tahapan, berikut tahapan - tahapan yang akan kita lakukan untuk Instalasi Docker Pada CentOS 7.
1. Pertama, kita lakukan pengecekan kernel apakah versi kernel yang kita pakai sudah memadai atau tidak. Untuk mengecek nya kalian bisa menggunakan perintah sebagai berikut :
" uname -r "
Maka nanti kalian lihat versi kernel nya, jika versi sudah memadai maka kita bisa lanjut ketahap selanjutnya.
Penjelasan sedikit :
- uname : perintah ini berfungsi untuk menampilkan informasi dari sistem komputer kalian, di antara nya : mesin komputer, hostname, versi kernel, dan tipe prosesor yang kita gunakan, dan informasi ditunjukan sesuai opsi mana yang kita pakai.
Option                        Fungsi
- a , -all      Menampilkan semua informasi 
- m, -machine  Menampilkan tipe mesi / prosesor
- n , -noderam  Menampilkan hostname
- r , -release  Menampilkan versi kernel 
2. Kedua, kita akan meng-instal wget dimana wget berfungsi / digunakan untuk memudahkan kita ketika kita ingin mendownload / mengunduh, dan wget ini sebagai aplikasi downloader bawaan dari sistem operasi linux, contoh nya : RedHat, OpenSuse, dan sebagai nya. Jadi untuk meng-instal wget kalian bisa menggunakan perintah sebagai berikut :
" apt-get install wget -y "
atau
" yum install wget -y "
dan masih banyak lagi cara install wget pada sistem operasi linux.

3. Ketiga, kita akan mengunduh / menambahkan repository docker, dan repository ini saya ambil dari website teman saya, untuk mengunduh / menambahkan nya kalian bisa menggunakan perintah sebagai berikut :
" wget -c http://rizkypratama.xyz/file/docker.repo -P /etc/yum.repos.d/ "
 Untuk file repository docker sendiri tidak hanya ada di 1 website saja, tetapi kalian bisa mencari nya di internet.
Penjelasan Sedikit :
- -c = opsi ini digunakan untuk memulai / melanjutkan men-download file dari website yang kita tuju.
4. Keempat, setelah kita men-download file repository dari cara diatas, sekarang yang kita lakukan adalah kita akan meng-instal Docker engine nya dimana Docker engine ini berfungsi sebagai paket dari Docker tersebut, untuk meng-instal Docker engine tersebut kalian bisa menggunakan perintah sebagai berikut :
" yum install docker-engine -y "
Pada tahap ini kita telah berhasil meng-instal Docker pada sistem operasi CentOS 7.

5. Kelima, setelah meng-instal paket Docker nya, sekarang kita akan menjalankan, mengaktifkan, dan mengecek status dari Docker itu sendiri. Untuk melakukan ketiga hal tersebut kalian bisa menggunakan perintah sebagai berikut :
" systemctl start docker "

" systemctl enable docker "

" systemctl status docker "
6. Keenam, jika sudah berjalan, kita coba men-download dan menjalankan image, untuk men-download nya kita bisa menggunakan perintah sebagai berikut :
" docker run hello-world "
untuk menjalankan nya kalian bisa menggunakan perintah sebagai berikut :
" docker attach (container dari image yang di download) "

Maka secara default, sampai tahap ini, instalasi Docker pada Ubuntu telah selesai dan berjalan dengan baik.

Alhasil Docker yang sudah kita instal bersama - sama dapat kita dapat akses docker kita dari luar.

Baiklah All, cukup sekian penjelasan dari saya, kurang lebih nya mohon dimaafkan, dan jika ada salah dalam tutur kata saya mohon dimaafkan pula, karena disini saya juga masih dalam proses belajar.

Oke, saya admin dari fahmi latief munir undur diri.

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar

Post a Comment