Thursday, May 18, 2017

Instalasi Docker Pada OpenSuse


Hallo All, Assalamualaikum Wr.Wb
Disini saya akan membahas tentang "Instalasi Docker Pada OpenSuse"..
Jadi sebenarnya instalasi Docker itu sangat lah mudah , sama seperti kita menginstal paket - paket yang ada pada Linux, Windows, maupun Mac OS. Pada sistem operasi Linux, kita hanya perlu memasukan Repository Docker ke dalam sistem operasi yang ingin diinstal Docker.

Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang Docker kalian bisa visit link ini :
http://fahmilatiefmunir.blogspot.co.id/2017/05/penjelasan-tentang-docker.html

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara instalasi Docker pada sistem operasi OpenSuse :
Untuk Instalasi Docker Pada OpenSuse, saya disini menggunakan Leap 42.1, dan pada versi ini kalian sudah mendapatkan docker yang berada pada repository resmi OpenSuse tersebut, dan Docker ini juga support dengan OpenSuse Sles 12, 13, leap 42.1, leap 42.2 dan sebagai nya.
Instalasi Docker
Proses instalasi Docker pada OpenSuse memiliki beberapa tahapan, berikut ini tahapan - tahapan yang akan kita lakukan untuk Instalasi Docker pada OpenSuse :
1. Pertama, kita lakukan instalasi Docker dimana kita akan meng-instal nya melewati repository yang ada pada OpenSuse / Dependencies nya. Untuk menginstal nya kalian bisa menggunakan perintah sebagai berikut :
zypper in docker docker-bash-completion docker-compose docker-distribution-registry docker-test docker-zsh-completion yast2-docker
Perintah diatas adalah dimana kita meng-instal repository docker yang ada pada OpenSuse atau juga bisa disebut sebagai dependencies dari docker tersebut.
2. Kedua, kita jalankan dan kita aktifkan docker agar docker bisa berjalan dan aktif dengan baik, docker akan auto start pada saat docker di restart. Untuk menjalankan nya kalian bisa menggunakan perintah sebagai berikut :
service docker start
dan untuk mengaktifkan nya kalian bisa menggunakan perintah sebagai berikut :
service docker enable
3. Ketiga, kita cek status apakah docker sudah aktif atau belum. Untuk mengecek nya kalian bisa menggunakan perintah sebagai berikut :
service docker status
4. Keempat, setelah itu kita tambahkan user kedalam group docker agar kita dapat akses diluar. Untuk menambahkan nya kalian bisa menggunakan perintah sebagai berikut :
/usr/sbin/usermod -a -G docker (nama user)
5. Kelima, kita tes apakah docker sudah bisa berjalan dan apakah docker sudah bisa pull image. Untuk mengecek nya kalian bisa menggunakan perintah sebagai berikut :
docker run hello-world
Maka status yang akan kita dapat seperti pada gambar dibawah ini dan pastikan muncul seperti ini :
 
Sampai disini kita sudah melakukan Instalasi Docker pada OpenSuse.
Selanjutnya kita melakukan Enable Network Forwarding, jadi secara default OpenSuse ini tidak memperbolehkan melakukan forwarding pada network card yang ada, contoh nya OpenSuse memiliki 2 NIC yaitu (eth0 dan eth1). Jadi antara eth0 dan eth1 ada yang tidak diperbolehkan untuk melakukan paket forwarding. Jika demikian, maka container yang ada pada Docker nanti tidak dapat mengakses dan diakses dari Jaringan luar internet.

Untuk itu kita lakukan sedikit konfigurasi pada network agar hal itu dapat diatasi.

6. Keenam, kita lalukan enable network forwarding. Untuk melakukan nya kalian kalian bisa mengikuti langkah sabagai berikut :
- buka Yast -> System -> Network Settings -> Routing
- berikan tanda centang / checklist pada bagian Enable IPv4 Forwarding
Hasilnya kalian bisa lihat seperti pada gambar dibawah ini :
7. Ketujuh, kita edit pada bagian firewall nya agar docker tidak di blok oleh firewall karena routing / akses nya telah dibuka dan docker dapat diakses. Untuk mengedit firewall kalian bisa edit file /etc/sysconfig/SuSefirewall2, lalu kalian ganti pada baris FW_ROUTE menjadi yes sebagai berikut:
FW_ROUTE="yes"
Setelah itu kalian simpan file tersebut, dan semestinya sudah dipastikan tidak ada kendala lagi dalam hal konfigurasi firewall terkait Docker pada OpenSuse ini. Maka untuk saat inberi docker telah ter-instal docker dan docker dapat berjalan dengan baik.

Alhasil Docker yang sudah kita instal bersama - sama dapat di akses dari luar.

Baiklah All, cukup sekian penjelasan dari saya, kurang lebih nya mohon dimaafkan, dan jika ada salah dalam tutur kata saya mohon dimaafkan pula, karena disini saya juga masih dalam proses belajar.

Oke, saya admin dari fahmi latief munir undur diri.

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar

Post a Comment