Saturday, April 22, 2017

Lab 8.15 Konfigurasi Basic Authentication Web Server Nginx CentOS 7




Haiii... kembali lagi bersama saya di blog yang mungkin bisa bermanfaat buat kalian...

Oke disini saya akan membahas tentang "Konfigurasi Basic Authetication Web Server Nginx" jadi nanti disini kita akan mesecure web yang sudah kita buat nantinya..

Pengertian dari Basic Authentication ?
Basic Authentication adalah sebuah metode dimana kita akan memverifikasi user yang mengakses web kita, dan nanti ketika kita mengakses halaman web yang sudah ter authentication maka kalian harus memasukan username dan password yang sudah kalian buat...

Oke langsung saja masuk pada konfigurasinya :

TOPOLOGI

Berikut contoh topologi yang saya gunakan.. terdapat 1 client dan 1 server pada topologinya dan berikut ip address yang saya gunakan :

TABLE IP ADDRESS


Berikut topologi yang saya gunakan dan disana saya sudah menyiapkan ip pada masing masing sistem...
Oke langsung saja masuk pada konfigurasinya :


1. Karena pada nginx tidak ada yang namanya file untuk authentication maka kita akan menginstall yang namanya httpd-tools, jadi httpd tools ini berisi file file yang ada pada httpd contohnya seperti authentication, ssl, dsb jadi nanti kita akan menggunakan httpd tools, dan untuk menginstall command :
"yum install httpd-tools -y"

2. Setelah itu kita akan mengedit file vhostfahmi.conf dimana di dalam file ini akan kita masukan script agar web kita ter autentikasi... untuk mengeditnya bisa menggunakan command: 
"nano /etc/nginx/conf.d/vhostfahmi.conf"
Setelah itu kalian isi script seperti gambar diatas..


3. Setelah itu kalian buat user dan password untuk autentikasi ke halaman web nya dan untuk membuat bisa menggunakan command :
"htpasswd -c /etc/nginx/.htpasswd fahmilm"
dan setelah itu kalian isi password, dan saya saran kan untuk password, buat yang mudah di ingat saja..


4. Setelah itu kita restart nginxnya agar konfigurasi yang sudah kita konfig tadi, dan untuk merestart nya bisa menggunakan command :
"systemctl restart nginx"

5. Setelah itu kita buat direktori auth-basic yang menjadi tujuan web basic authentication nya, dan untuk membuatya bisa menggunakan command :
"mkdir /usr/share/nginx/html/auth-basic"

6. Setelah itu kita edit file index.html nya dimana kita akan membuat tampilan web basic autentikasi, untuk bisa menggunakan command :
"nano /usr/share/nginx/html/auth-basic/index.html"

7. Setelah itu kalian isi script seperti gambar diatas..


8. Setelah itu kalian restart kembali lagi nginx nya agar nanti konfigurasi nya dapat tersimpan dan berjaln dengan baik, untuk restart nya bisa menggunakan command :
"systemctl restart nginx"

9. Setelah itu kita akses web maka nanti akan muncul autentikasi required , lalu kalian masukan username dan password agar bisa mengakses web nya, untuk mengakses nya kalian bisa mengetik :
"www.domain.net/auth-basic"
jika sudah kalian masukan username dan password kalian klik ok untuk melanjutkannya...


10. Maka hasilnya kalian bisa masuk dan kalian bisa mengakses web nya...

Alhamdulillah selesai, mohon maaf jika ada kesalahan kata dan kurang lebih nya mohon maaf karena disini saya juga masih belajar hehe..

saya Fahmi Latief Munir undur diri..

Wassalamualaikum wr.wb

1 komentar: