Monday, July 10, 2017

Cara Instalasi Ubuntu Server 14.04


Hallo All, Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
Kali ini saya akan menjelaskan tentang "cara instalasi ubuntu server".

Sebelum memulai seperti biasa yang kita lakukan adalah instalasi OS yang kalian inginkan, dan pada proses instalasi zimbra ini saya menggunakan OS Ubuntu. Kenapa Ubuntu ? karena Ubuntu adalah salah satu distro linux yang besar dimana ia terkenal dengan stabilitas servernya.

Untuk itu saya memilih OS Ubuntu untuk proses instalasi zimbra, maka untuk itu saya akan memberitahu cara Instalasi OS Ubuntu, berikut proses instalasinya :



1. Pertama, kalian masukan terlebih dahulu CD instalasi pada server kalian, lalu kalian ubah boot priority sehingga CD / DVD Instalasi menjai prioritas pertama booting. 

2. Kedua, setelah proses booting berjalan, maka kalian akan masuk pada tahap dimana kalian harus memilih Bahasa mana yang akan digunakan untuk proses instalasi. Pada tutorial ini saya memilih Bahasa default yaitu Bahasa Inggris.

  
3. Ketiga, kita akan memilih Bahasa yang akan digunakan pada OS Ubuntu tersebut, serta pemilihan Bahasa ini akan dijadikan baha default sistem yang akan kita install. Seperti biasa kalian pilih Bahasa Inggris. 


4. Keempat, setelah itu kalian akan masuk pada tahap pemilihan lokasi kalian atau lokasi server, kalian boleh bebas memilih lokasi kalian ada dimana dan apabila lokasi kalian dan lokasi server tidak sama, kalian bisa memilih salah satu diantaranya. 


5. Kelima, pada tahap ini kalian akan mencoba mendekteksi keyboard yang sedang kalian gunakan, kali ini kita akan memilih tipe keyboard secara manual. Maka kalian pilih NO pada tahap ini.


6. Keenam, beberapa negara memiliki layout keyboard yang berbeda – beda, pada bagian ini kita akan memilih asal keyboard kita yang kemungkinan kalian tidak perlu merubah pilihan pada tahap ini, kalian bisa mengggunakan pilihan default English (US).



7. Ketujuh, pada tahap ini kalian bisa memilih Layout Keyboard yang ingin kalian gunakan, dan sangat besar kemungkinan kalian tidak butuh mengganti pada tahap ini dan memilih default layout yaitu English (US).


8. Kedelapan, kita masuk pada tahap Configure the network dimana kita akan atur hostname untuk sistem networknya. Hostname ini hanya nama tanpa domain lengkap sistem kalian. 


9. Kesembilan, kita masuk pada tahap set up users and password dimana kita akan masukan nama lengkap user, dan password untuk sistem, dan anda bisa masukan informasi nama lengkap sama dengan username. 


Setelah itu kalian masukan password untuk sistem kalian.


10. Kesepuluh, kita masuk pada Enkripsi Directory Home dimana kita akan menambahkan keamanan data pada sistem kalian, jika ada banyak data penting dan rahasia sangat memungkinkan kalian butuh mengenkripsi direktori home sitem anda, dan jika tidak kalian bisa pilih NO


11. Kesebelas, kita akan masuk pada tahap Partition Disk, dan disini kita akan memilih cara kita konfigurasi partisi yang dapat dilakukan oleh Instalasi Ubuntu


Ada empat cara konfigurasi partisi yang dapat kalian lakukan untuk instalasi OS Ubuntu, sebagai berikut :
- Guided – use entire disk. Pilihan ini akan membuat installer melakukan partisi otomatis pada harddisk anda tanpa LVM (Logical Volume Management).
- Guided – use entire disk and set up LVM. Pilihan ini juga meminta installer melakukan partisi secara otomatis tetapi dengan membuat LVM.
- Guided – use entire disk and set up encrypted LVM. Piihan ini mirip dengan pilihan sebelumnya hanya saja LVM yang ada akan di enkripsi.
- Manual. Pilihan ini mengharuskan anda mendefinisikan partisi secara manual.
Pada tutorial ini kita akan menggunakan pilihan kedua yaitu Guided – use entire disk and set up LVM. 

12. Kedua Belas, kita akan memilih disk yang kita gunakan untuk instalasi, jika terdapat lebih dari satu disk pastikan kalian memilih disk yang benar.


13. Ketiga Belas, kalian konfirmasi partisi disk yang akan kalian gunakan untuk melakukan instalasi Ubuntu Server 14.04. maka kita akan lanjut pada tahap berikutnya. 


14. Keempat Belas, kalian tentukan ukutan disk yang boleh digunakan oleh pengguna otomatis instalasi Ubuntu Server. Kalian bisa mengatur seluruh space pada disk kalian dan juga kalian bisa atur sebagian.


15. Kelima Belas, kita masuk pada tahap konfirmasi dimana kita akan dikonfirmasi apakah sudah yakin untuk melanjutkan ke tahap berikut nya. Jika kalian sudah yakin maka kalian tekan enter dan kalian bisa masuk pada tahap berikut nya.


16. Keenam Belas, setelah itu kalian tunggu sampai proses set up selesai.
17. Ketujuh Belas, pada bagian ini anda akan memilih apakah anda akan menonaktifkan update otomatis, menginstall update keamanan otomatis atau mengelola server ini menggunakan Landscape. Apabila ini adalah server production, saya menyarakan untuk mengaktifkan automatic update untuk update security. 


18. Kedelapan Belas, setelah itu kalian pilih software apa saja yang akan diinstal, dan digunakan nanti nya. Kalian bisa memilih sesuai kebutuh, pada tutorial ini saya hanya memilih OpenSSH server saja, tujuannya agar sistem dapat kita remote untuk meng-administrasi server Ubuntu. 


19. Kesembilan Belas, setelah itu kalian masuk tahap instalasi bootloader dimana bootloader ini sebagai grub dari OS Ubuntu. Bootloader ini bisa digunakan untuk memilih sistem operasi mana yang akan anda gunakan apabila sistem anda memiliki lebih dari satu sistem operasi, misalnya dual boot Windows dan Linux


20. Dua Puluh, tunggu proses instalasi selesai, alhasil Ubuntu server kalian akan restart, dan ubuntu kalian telah terinstal dengan baik dan berjalan dengan baik. 

Baiklah All, cukup sekian penjelasan yang saya berikan, semoga bermanfaat untuk kita semua, dan juga mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan dan kata kata, karena disini saya juga masih belajar.
Baik, saya admin fahmi latief munir undur diri.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

0 komentar

Post a Comment