Friday, July 14, 2017

Kesan - Kesan PKL di PT. Excellent Infotama Kreasindo


Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
Kali ini saya akan membagi pengalaman saya dan kesan - kesan yang saya dapatkan pada saat prakerin di PT. Excellent Infotama Kreasindo.

Kegiatan prakerin selama 3 (tiga bulan) menyimpan banyak kenangan yang sangat banyak, pengalaman yang saya rasakan sangat bermanfaat, manis dan pahit pasti lah ada, namanya hidup pasti kita pernah merasakan hal manis dan kita juga pernah merasakan hal pahit.

Ketika saya prakerin, saya mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat, pengalaman, dan juga banyak motivasi yang saya dapat pada saat kita semua melakukan break (istirahat). Apa yang saya dapat selama PKL di PT. Excellent Infotama Kreasindo sangat berguna untuk memasuki dunia industri kelak.

Motto Excellent

Selama saya prakerin, saya sangat suka dengan motto PT. Excellent, yaitu "Tidak tahu cukup sekali. Malu cukup sekali. Tidak perlu diulang berkali - kali". Hal itulah yang membuat saya merasa akan lebih baik setelah banyak tahu. Untuk pertama kali wajar kalau malu dan salah, namun kita harus berusaha untuk mencari tahu nya,  ketika kita sudah tahu akan suatu hal, usahakan jangan sampai terulang seperti baru pertama kali. Yang terpenting teruslah mencari tahu dan jangan berhenti karena suatu saat nanti semua itu akan berguna pada waktu nya. Karena sesuatu yang seperti motivasi itu terkait dengan tindakan yang akan kita kerjakan.


Foto Bersama Team Excellent

Perusahaan ini, sangat terasa kebersamaan dan kekeluargaannya. Mungkin hal inilah yang tidak bisa dirasakan di kebanyakan perusahaan lainnya. Mulai dari makanan yang semua sama dan tidak ada yang membedakan atasan atau anak prakerin, semua sama dan jika ada sebuah masalah kita semua saling membantu dan juga kita saling menghargai, dan itu merubah semuanya.


Bermain Bersama Tim Excellent

Alasan kenapa saya memasukan foto ini karena inilah yang membuat PT. Excellent beda dari perusahaan lain, mulai dari kebersamaannya, keanggotaannya, kekompakannya, kerjasamanya, dan kepemimpinannya yang membuat kita semua saling menghargai satu sama lain, saling membantu dan sebagainya.

Saya mungkin bisa dibilang beruntung karena saya sangat senang akan seringnya break dari atasan, saya merasa mendapat mindset / pemikiran, motivasi, dan ilmu baru. namun mindset dan motivasi itulah yang InsyaAllah dapat berguna untuk kehidupan saya kedepannya. Ilmu yang saya dapat bukan hanya sekedar ilmu pelajaran, namun ilmu sosial, ilmu  kedisiplinan, ilmu bisnis dan sebagainya, seperti gaya berbicara saat menerima telepon, disiplin waktu, serta kerapian tempat kerja.

Makan Bersama Team Excellent

Selain itu semua staff disini juga asik semua. Sangat terasa kebersamaannya ketika kita berjalan ke Masjid untuk Shalat berjamaah, staff disini jika bisa dibilang masih muda dan mempunyai semangat dan karisma jiwa muda yang besar. Banyak staff yang membantu saya, dalam mengerjakan tugas, dan membantu saya dalam melakukan pembelajaran bagaimana cara kita mengatur dan memprepare (mempersiapkan) semua mulai dari awal sampai akhir dan itu sudah membuat saya senang dan bahagia serta membuat saya semakin mandiri akan suatu hal.

Pada hari Jum'at adalah hari dimana kita bisa meningkatkan kebersamaan dan juga bisa dibilang hari santai. Pada siang harinya ada makan siang bersama yang diawali obrolan dan candaan hangat tentang kejadian hangat yang telah terjadi di lingkungan PT. Excellent. Hal seperti itulah yang membuat atau meningkatkan kebersamaan mulai dari candaan yang membuat banyak tawa, motivasi dari atasan yang dapat merubah diri, dan kerapian yang dapat membuat kita dilihat banyak orang. Sehingga dapat meringankan beban pikiran selama aktifitas kita dalam seminggu.
Selain mendapatkan banyak hal disini, mulai dari ilmu, pengalaman, motivasi, dan satu lagi barang belian saya :v wkwk. Awalnya saya cuma mengharapakan bisa ngoprek dan mempelajari ilmu baru. namun Alhamdulillah rezeki memang tidak kemana, karena dimana kita berusaha Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan memberikan yang terbaik untuk usaha kita yang sudah terlaksanakan. Alhamdulillah dapat receh :v wkkw, meski dari receh itu dikumpulin dan jadilah ini :

1. Ram Corsair 8 GB
Barang ini saya beli karena saya membutuhkan untuk kebutuhkan pembelajaran dan urusan saya sendiri, dan ini adalah barang yang saya beli pertama kali.

Ram Corsair 8 GB

2. Headset / Earphone
Barang ini saya beli karena saya selalu meminjam headset ayah saya sampai ayah saya ketika membutuhkan headset tidak ada di tasnya dan akhirnya saya diomeli dan disuruh beli headset :v, dan ini barang kedua yang saya beli.

Headset / Earphone Xiaomi Pro

3. Mouse Logitech Bergambar
Barang ini saya beli karena saya tidak enak sama salah satu staff yang selalu meminjamkan mouse nya kepada saya, karena itu saya langsung bilang ke orang tua / izin untuk membeli mouse ini, tapi itu memakai uang saya sendiri dan saya tidak mau merepotkan orang tua saya, dan ini barang ketiga yang saya beli.

Mouse Logitech Bergambar
4. Adapter Laptop
Adapter laptop ini saya beli karena saya sangat membutuhkan adapter laptop, karena pada waktu itu adapter saya rusak, karena kabel nya putus dan saya coba memperbaikinya namun gagal karena kabel sudah tidak bisa diperbaiki lagi dan akhirnya saya langsung beli dan langsung dikirim go-send pada hari itu juga, harga nya lumayan dan saya menghabiskan receh saya untuk membelinya namun disisi lain saya membutuhkannya seperti saya membutuhkan sebuah cinta yang menerima saya apa adanya eaaaaaa, dan ini barang keempat yang saya beli.

Adapter Asus X555L

Saya menghabiskan receh yang sudah menjadi lembaran ini sangat boros, karena satu bulan saya prakerin disini banyak barang saya yang rusak dan langsung saya membelinya karena membutuhkannya namun untuk headset dan mouse itu karena iseng saja karena saya mau membeli sesuatu yang belum saya pernah beli sendiri dan juga karena uang saya sudah kebanyakan didompet wkwk (sombong), namun semua itu menjadi pelajaran dimana ada sebuah pribahasa "sedikit demi sedikit lama - lama menjadi bukit", karena itulah saya bisa menabung agar saya dapat membeli barang dengan uang saya sendiri.


Kesalahan (Masa Pahit)

Alasan saya memasukan gambar diatas dan mengapa saya menamainya "Kesalahan (Masa Pahit) ?, Mungkin setelah kalian baca dari atas saya hanya memasukan kisah "Manis" yang dialami saya saja, namun tidak seperti yang kalian pikirkan, bahwa tidak semua hal yang kita capai harus selalu sempurna  / manis, contoh ketika saya pertama masuk, saya melakukan sebuah kesalahan dimana itu membuat diri saya dimarahi, yaitu saya belum bisa menghilangkan kebiasaan saya yaitu bermain gadget dan saya berakhir dengan omelan dari salah satu staff, dan disitu saya langsung down dan saya malu karena saya tidak bisa menghilangkan kebiasaan saya.

Banyak hal yang didapat disini dan juga kita harus melakukan seperti hal yang sudah diperintahkan, seperti motto perusahaan PT. Excellent yaitu "Kalo A Harus A, Tidak Boleh A+ atau A-". Seperti yang dilihat bahwa saya dan teman saya harus melakukan suatu hal sesuai dengan apa yang diperintahkan dan jika ada kesalahan sedikit kami kena omelan dari pak bos atau salah satu staff, dan itu terkadang membuat saya down dan juga malu, namun semua itu harus kita ambil hikmah nya, kita ambil positif nya dimana ketika kami dimarahi itu semua karena mereka peduli / simpati terhadap kami, dan pula omelan yang kami dapat itu untuk merubah mindset / pemikiran kita yang masih anak - anak, dan itu semua untuk masa depan kami.

Bahwa dimasa depan kita semua tidak boleh seperti itu, kita harus tumbuh dewasa dan juga itu semua demi kebaikan kita semua, dan itu jangan dijadikan pengalaman buruk namun jadikan sebagai masa pembelajaran dan jadikan itu sebuah motivasi untuk kita, bahwa kita harus merubah itu semua agar kita tidak melakukan kesalahan yang sama. Kami disana banyak melakukan kesalahan namun kesalahan itu tidak terulang kembali, kami berusaha untuk merubah nya. Bawa senang - senang saja semakin kita senang tidak terasa kita sudah merubah itu semua.


Many things to be gained

Sangat banyak hal yang tidak bisa saya lupakan dari awal masuk hingga sekarang di PT. Excellent Infotama Kreasindo. Yang membuat saya menjadi betah prakerin disana karena kebersamaan dan kekeluargaan yang membuat nyaman hari - hari selama masa prakerin. Terlebih lagi hampir setiap hari kita masak - masak karena sudah adanya yang namanya kompor, magicom, dan juga blender. Semua itu menambah rasa bahagia setiap hari dimana kita terkadang ribut karena masak - masak, namun ribut halus, dan juga kita setiap hari makan siang bersama, dan juga koki mas Nugi makin ahli dalam hal memasak hehehe. Intinya saya tidak menyesal atau sedih karena prakerin di PT. Excellent Infotama Kreasindo, justru itu membuat saya mendapatkan hal baru dan juga menyadari sesuatu yang tak terpikirkan oleh saya dulu.

Baiklah sekarang sudah masuk pada bagian penutup atau juga bisa dibilang BAB III dari pembahasan hehehe. Post ini saya kerjakan dan copas sebagian dari laporan prakerin yang saya buat sendiri, kalian bisa download disini. Terima kasih buat Pak Bos Vavai sudah mengizinkan prakerin di perusahaannya, dan untuk pak boss dan juga semua semoga PT. Excellent Infotama Kreasindo tetap berjaya terus, makin banyak klien nya, makin besar kekeluargaannya, makin kuat rasa empati dan simpatinya, makin maju, antrian menjadi sedikit / bahkan sampai tidak ada antrian. Semangat PT. Excellent Infotama Kreasindo, ingat "Hidup kita milik kita, susah maupun senang, kita yang menjalani nya". Semoga apa yang sampaikan bisa masuk kedalam hati kalian semua, serta terima kasih atas semua bantuan yang kalian berikan dan tempat yang kalian berikan kepada kami untuk prakerin. 

Terima Kasih All, seandainya waktu bisa diulang, saya ingin sekali bisa terus disini, saya tidak mau melupakan hal - hal yang membuat saya senang karena "ketika kita sudah mencintai sesuatu atau seseorang maka kita akan berusaha untuk menggapainya". Pantang Mundur, Pantang Menyerah, dan Maju Terus All.
Terima Kasih All untuk semua nya.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

0 komentar

Post a Comment