Monday, June 29, 2020

Tugas 1 : Pengantar Web Science


A. Definisi Web Science
    Web adalah kumpulan dokumen yang sangat banyak yang berada pada komputer server dan dapat digunakan untuk mengakses informasi dalam beragam bentuk seperti berupa teks, suara, gambar, video, dan animasi. Web science merupakan cabang ilmu yang mempelajari bagaimana pemanfaatan sebuah web. Pentingnya web science ini dilatar belakangi oleh perkembangan zaman di mana kebutuhan dan kebiasaan pengguna (web) selalu berubah-ubah dan cenderung bertambah.
B. Sejarah Web
    Di tahun 1980, Tim Berners-Lee memikirkan apa yang dunia butuhkan adalah bagaimana cara untuk menghubungkan semua dokumen yang dimiliki.



Gambar: Peta konsep dari proposal asli Tim Berners-Lee, sebuah sistem hypertext yang diberi nama “Mesh” dipersembahkan pada tahun 1989.

    Penciptaan web merupakan sebuah ide yang bagus dan berguna. Pada tahun 1989 Tim Berner-Lee, mencoba untuk meningkatkan penanganan dokumentasi dan berbagi di CERN (European Council for Nuclear Research (dalam Perancis: Conseil Européen pour la Recherche Nucléaire), di mana saat itu masih mengembangkan protokol Networked Hypertext. Pada saat itu CERN terhubung ke Internet selama lebih dari 2 tahun, tetapi para ilmuwan di CERN masih mencari pendekatan yang lebih baik untuk menyebarkan publikasi dan informasi mereka di antara dunia penelitian. Web secara luas dianut oleh akademisi, terutama pustakawan, yang mengenali sistem pengiriman informasi yang hebat ketika mereka melihatnya, dan berkembang pesat. Dalam beberapa tahun, Tim Berner-Lee mengembangkan perangkat lunak awal untuk pemrograman server hypertext dan membuatnya tersedia untuk bisa unduh gratis dan hal ini membuka jalan bagi popularitas Web. Berners-Lee menyebut sistem berbasis hiperteksnya World Wide Web dan cepat menjadi populer di kalangan komunitas ilmiah. Namun saat itu masalah utama Web adalah kurangnya perangkat lunak untuk membaca dokumen hypertext, browser Web diharuskan untuk melanjutkan evolusi Web dan segera muncul.

C. Arsitektur Web
   Arsitektur Web adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs, seperti arsitektur itu sendiri yang melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Untuk mengoptimalkan kinerja mesin pencari supaya efektif, perlu halnya mengetahui tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web. Adapun beberapa bagian Arsitektur Web antaralain sebagai berikut:

-    Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
   HTTP  adalah protokol jaringan lapisan aplikasi (application layer) yang dikembangkan untuk membantu proses transfer antar komputer. Protokol ini berguna untuk mentransfer informasi seperti dokumen, file, gambar, dan video antar komputer. HTTP berfungsi untuk mengatur format dan bagaimana data ditransmisikan. serta mengatur bagaimana web server dan browser memproses berbagai macam perintah yang masuk.
 
-    WWW (World Wide Web)
    WWW (World Wide Web) merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama.WWW atau biasa disebut web adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi. 
 
-    URL (Uniform Resource Locator)
   URL merupakan suatu konsep penamaan lokasi standar dari suatu file, direktori, computer, dan lokasi komputernya sesuai dengan metode yang digunakan. Bentuk URL adalah sebagai berikut; protokol://nama_host/path/nama_file di mana Protokol adalah jenis protokol yang akan digunakan, seperti http atau ftp; Nama_host adalah nama host (domain) tempat file tersebut; Path adalah lokasi atau direktori tempat file-file diletakkan pada web server; dan Nama_file adalah nama file yang dipanggil.

-    JavaScript
    JavaScript merupakan bahasa pemrograman web yang bisa membuat halaman website anda lebih menarik serta lebih hidup. Javascript dipanggil untuk memberikan fungsi pada halaman web dengan meletakannya secara internal pada halaman html di antara tag atau dibuat pada file terpisah (eksternal).
 
D. Aplikasi Utama Dalam Menjalankan Web


 
Gambar: Macam-Macam Browser (sumber: Pixabay)

   Aplikasi yang dimaksud disini adalah sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai sarana pengguna untuk dapat mengakses sebuah web atau situs. Adapun aplikasi (web browser) antaralain ada Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Opera, dan Internet Explorer. Namun, yang palin terkenal dan banyak digunakan adalah Google Chrome dan Mozilla Firefox. Firefox ini merupakan pengembangan banyak programer di suluruh dunia dan merupakan proyek open-source terbesar setelah Linux dan dikembangkan lagi oleh Mozilla, sedangkan Google Chrome dikembangkan oleh programer internal perusahaan Google itu sendiri. Jika untuk menggunakan Google Chrome harus terikat dengan Google (dalam hal ini email atau akun Google pengguna), Firefox bersifat independen terhadap mesin pencari.

Google Chrome mengijinkan user untuk melakukan private browsing sekaligus non-private browsing. Disatu sisi, hal ini menguntungkan pengguna karena tidak perlu berpindah mode. Namun, disisi lain, Goole Chrome dapat saja meninggalkan jejak cookies dari mode non-private browsing, padahal pengguna yakin bahwa ia berada dalam mode private browsing. Sedangkan Firefox tidak mengijinkan penggunanya melakukan kedua hal yang berlawanan sekaligus.

DAFTAR PUSTAKA
  1. http://jurnal.unnur.ac.id/index.php/indept/article/view/78/51 diakses 10/5/20 at 12.52
  2. https://digital.library.adelaide.edu.au/dspace/bitstream/2440/14789/1/Web2.0.pdf diakses 10/5/20 at 17.31 
  3. http://www.diva-portal.org/smash/get/diva2:833178/FULLTEXT01.pdf diakses 10/5/20 at 17.34 
  4. http://lib.itenas.ac.id/kti/wp-content/uploads/2016/12/KARYA-ILMIAH-5.pdf diakses 10/5/20 at 19.38 
  5. https://www.jagoanhosting.com/blog/pengertian-apa-itu-url/ diakses 10/5/20 at 19.51 
  6. https://merahputih.com/post/read/google-chrome-vs-firefox-manakah-browser-terbaik
 

0 komentar

Post a Comment