Saturday, April 22, 2017

Lab 8.9 Konfigurasi Mod Proxy Backend dan Forwarded Path Apache CentOS 7





Haiii .. kembali lagi bersama saya di blog yang mungkin bisa bermanfaat..

Kali ini saya akan membahas tentang "Konfigurasi Mod Proxy Backend dan Forwarded Path" jadi maksudnya nanti jika si client ingin mengakses web yang sudah ada maka nanti si client akan di alihkan ke server backend, dan server controller atau server forwarded nya hanya menampung dns nya..

Jadi langsung saja kita masuk pada konfigurasi nya

Konfigurasi

Berikut Topologi dan Ip Address yang saya gunakan :

Oke diatas adalah topologi dan ip address yang saya gunakan :

SERVER FORWARD / CONTROL(WWW.FAHMI.NET)

1. Pertama - tama pada server control kita edit file forward dan reverse pada dns nya..


2. Oke kita atur terlebih dahulu dns pada file forward untuk server backend dan untuk mengatur nya kalian bisa tambahkan di direktori "forward.fahmi.net" dan untuk mengeditnya kalian bisa menggunakan command :

"nano /var/named/forward.fahmi.net"

dan setelah itu kalian tambahkan dns untuk server backend, dan contohnya seperti gambar diatas..


3. Setelah itu kita atur file "reverse.tkj" dan didalam sana kalian juga tambahkan dns , dan untuk mengeditnya kalian bisa menggunakan command :

"nano /var/named/reverse.tkj"

dan kalian edit seperi gambar diatas, dan jangan sampai salah script..

4. Setelah itu kalian restart named nya , agar konfigurasi yang tadi sudah kita konfogurasi dapat tersimpan dan berjalan dengan baikk, untuk restart nya kalian bisa menggunakan command :
"systemctl restart named"


5. Setelah itu coba kalian test koneksi di server apakah sudah tersambung dengan server backend apa belum, jika sudah maka server backend juga sudah terhubung dengan server controller..


6. Setelah itu kita akan mengaktifkan mod proxy dan sekaligus mengecheck apakah module mod proxy nya sudah terinstall atau belum, karena ketika kita menginstall httpd maka akan otomatis module mod proxy terinstall juga dan kalian bisa check nya dengan menggunakan command :
"grep "mod_proxy" /etc/httpd/conf.modules.d/oo-proxy.conf"


7. Dan sekarang kita akan membuat file r_proxy nya dimana nanti file ini akan digunakan memforward dari server control ke server backend dan kita akan mengedit file yang kita buat, kalian bisa membuat dan mengeditnya dengan menggunakan command :
"nano /etc/httpd/conf.d/r.proxy.conf"
dan kalian isi script seperti gambar diatas, dan sedikit penjelasan :
- Penjelasan gambar diatas :
- ProxyRequests off : perintah untuk mematikkan requests default untuk proxy
- <proxy *> require all granted </proxy> : memperbolehkan halaman atau ip maupun domain bisa / dapat mengakses proxy nya
- ProxyPass : dan prroxy akan diarahkan ke domain web1.fahmi.net
 yang kita sudah konfigurasi

8. Setelah itu kalian restart kembali servernya agar konfigurasi nya dapat tersimpan dan berjalan dengan baik , dengan menggunakan command :
"systemctl restart named

SERVER BACKEND (WEB1.FAHMI.NET)

  
1. Setelah itu kalian edit file index.html pada server backend nya, dan file index.html ini terletak pada directory /var/www/html, dan untuk mengedit kalian bisa menggunakan command :
"nano /var/www/html/index.html"

PENGUJIAN

  
1. Lalu coba kalian akses domain www kalian melewati browser yang ada, maka tampilannya adalah tampilan server backend, kenapa ?, karena pada saat diakses oleh client, akan di forward dari server control ke server backend..


Alhamdulillah selesai, mohon maaf jika ada kesalahan kata dan kurang lebih nya mohon maaf karena disini saya juga masih belajar hehe..



saya Fahmi Latief Munir undur diri..



Wassalamualaikum wr.wb 


0 komentar

Post a Comment