Monday, September 5, 2016

Cara Install IIS Pada Windows Server 2012 R2


Haii guys kembali lagi bersama saya di blog yang mungkin bermanfaat untuk kalian yang membaca nya.

Oke disini saya akan menjelaskan tentang IIS (internet information services). disini saya akan menjelaskan cara installasi dan konfigurasi IIS nya.

Oke sebelum kita mulai, kalian tau gk sih apa itu IIS?
IIS merupakan sebuah web server yang terdapat di windows server 2012, dan untuk versi sebelumnya juga sudah ada fitur fitur IIS ini, dan fitur ini akan selalu berkembang ke versi - versi selanjutnya.

Oke untuk web server, merupakan software yang memberikan data yang berfungsi untuk menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari client yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk yang tak asing yaitu halaman web yang berbentuk dokumen HTML.

Oke langsung saja ke Cara installasi nya.


Oke pertama kalian buka terlebih dahulu windows servernya, disini kita akan menambahkan IIS pada windows server, maka pilih menu "manage" lalu klik "Add Roles and Feature".


Setelah itu kita akan pilih type untuk cara installasi nya, disini saya sendiri memilih "role based of feature based installation" itu maksudnya adalah untuk mengkonfigurasi server dengan cara menambahkan beberapa roles, service dan fitur fitur nya. lalu klik "next".


Dibagian sini adalah untuk memilih server, nah disini kita memilih server yang ingin ditambahkan pada Feature/role nya. disini saya memilih "select server from the server pool" yang artinya disitu kita bisa memilih server dengan melalui server atau yang sudah tersedia. lalu kita klik "next".


Oke sekarang kita akan tambahkan roles nya, pilih "Web server (IIS)" karena kita akan menginstall IIS untuk menambahkan roles nya.


Lalu kita pilih "Add features" untuk menambahkan features nya.


Oke pada tahap ini kita biarkan default saja, langsung saja klik "next".


Dibagian sini kita akan melihat catatan untuk penginstalan IIS, disini kita langsung klik "next".


Selanjutnya adalah mengatur role service yang ingin diinstall pada Web server IIS, dan disini kita harus membutuhkan semuanya, jadi centang semua roles sesuai gambar diatas, lalu klik "next".


Oke pada tahap ini kita akan melakukan pengecekan / konfirmasi sebelum menginstal / menambahkan roles/feature pada windows server, nah disitui kita cek ada fitur fitur yang akan kita tambahkan, apakah sudah lengkap atau tidak? jika sudah lengkap klik "install" untuk mulai menginstall.


Oke kita tunggu sementara sampai proses installasi nya selesai.


Jika sudah selesai kalian klik "close".


Lalu check bagian notifikasi, maka kalian akan lihat notifikasi bahwa kita sudah selesai menginstall feature nya.


Maka kalian lihat pada bagian dashboard windows server kalian akan bertambah lagi yaitu IIS.


Oke diatas adalah tampilan bahwa installasi IIS telah berhasil di windows server 2012 R2 kalian.

Oke cukup sekian penjelasan dari saya, kurang lebih nya mohon maaf karena kesalah datang nya dari saya sendiri dan kebenaran datang nya dari Allah SWT.

Saya Fahmi Latief Munir undur diri.

Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar

Post a Comment