Friday, May 20, 2016

Alqur'an Sebagai Sumber Hukum Islam


A. Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam
1. Pengertian Al-Quran Menurut Bahasa (Etimologi)
Quran merupakan isim Mashdar (kata benda) dari kata kerja qoro-’a (أرق) yang
bermakna talaa (الت) yang berarti membaca, atau bermakna jama’a yang berati mengumpulkan atau mengoleksi.

Allah menurunkan AlQuran kepada umat manusia melalui nabi Muhammad SAW sebagai kit-ab suci terakhir untukdijadikan pedoman hidup. AlQuran yang tidak ada keraguan sedikit pundi dalamnya mengandung petunjuk-petunjuk yang dapat menyinari seluruh isi alam ini.

Seperti kita ketahui bahwa Al-Quran merupakan buku petunjuk (hidayah) bagi orang -orang yang bertakwa yaitu orang orang yang percaya kepada hal ghaib, yang mendirikan shalat, yang menginfakkan sebagain rizki mereka, dan yang meyakini adanya akhirat.

 Fungsi Al-Qur'an
1. AlQur'an berfungsi sebgai petunjuk atau pedoman bagi umat manusia dalam mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.

2. sebagai rahmat atau bentuk kasih sayang dari Allah bagi umat manusia.

Macam-macam hukum yang terkandung di dalam Al-Qur’an, terdapat tiga macam:
1. hukum aqidah, berkait erat dedngan masalah masalah yang harus dipercaya oleh setiap
    ukallaf, tentang Allah, malaikat, kitab-kitab, para Rasul dan hari pembalasan.

2. hukum akhlak, berkait erat dengan masalah masalah yang harus dipakai sebagai hiasan 
    hidup bagi setiap mukallaf, yakni berupa keutamaan keutamaan dan menghindarkan di
    ri dari kehinaan.

3. hukum amal, berkait erat dengan seluruh tindakan atau perbuatan mukallaf, baik ucapan
    perbuatan, perjanjian (akad), masalah belanja.

2. Pengertian Hadist
Hadits adalah segala perkataan (sabda), perbuatan dan ketetapan dan persetujuan dari Nabi Muhammad SAW yang dijadikan ketetapan ataupun hukum dalam agama Islam. Hadits dijadikan sumber hukum dalam agama Islam selain AlQur'an, Ijma dan Qiyas, dimana dalam hal ini, kedudukan hadits merupakan sumber hukum kedua setelah Al-Qur'an.

Hadist dapat berdiri sendiri dalam menetapkan hukum. Kekuatan hukum berasal dari Hadist sama dengan kekuatan hukum yang berasal dari AlQur’an dan menjadi sumber hukum yang wajib dipatuhi. 

Fungsi
Hadist berfungsi sebagai penjelasan terhadap maksud ayat ayat AlQur’an yang tidak atau kurang jelas serta penentu dari beberapa hukum yang tidak terdapat hukum yang di dalam Al-Qur’an.

3. Pengertian Ijtihad
Ijtihad adalah berpikir keras untuk menghasilkan pendapat hukum atas suatu masalah yang tidak secara jelas disebutkan dalam Al-Quran dan As-Sunnah.

Adapun syarat berijtihad itu adalah :

1.Berpengetahuan luas tentang AlQur’an dan Ulumul Qur’an (ilmu ilmu AlQur’an) serta segala yang terkait, teristimewa dalam masalah hukum.

2.Memiliki ilmu yang cukup dalam mengenai hadits, terutama soal hukum dan mengetahui sumber hukum, sejarah, maksud hubungan hadits2 itu dengan hukum-hukum Al-Qur’an.

3. Menguasai masalah masalah atau tema tema pokok yang hukumnya telah ditunjukkan oleh Ijma’ Sahabat dan ulama Salaf (2 generasi setelah para sahabat Rasulullah SAW).

4. Mempunyai wawasan luas tentang Qiyas dan dapat menggunakannya untuk Istimbath (menggali dan menarik kesimpulan) hukum.

Kedudukan
• Ijtihad menempati kedudukan sebagai sumber hukum Islam setelah Al-Qur’an dan Hadis.Dalilnya adalah AlQur’an dan Hadis.Allah SWT berfirman:Artinya:”Dan dari mana saja kamu keluar maka palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram dan di mana saja kamu (sekalian) berada maka palingkanlah wajahmu ke arahnya.”(Q.S.Al-Baqarah,2:150)

•     Kedudukan
Ijtihad dijadikan sumber hukum Islam setelah yang ketiga setelah al-qur`an dan al-hadis.


Fungsi
• Fungsi ijtihad ialah untuk menetapkan hukum sesuatu,yang tidak ditemukan dalil hukumnya secara pasti di dalam Al-Qur’an dan Hadis.


4. Hukum Taklifi
Hukum Taklifi adalah firman Allah yang menuntut manusia untuk melakukan atau meninggalkan sesuatu atau memilih antara berbuat dan  meninggalkan .

pembagian hukum Taklifi ada lima, yang juga disebut dengan maqashid As-Sari’ah al-Khamsah yaitu: 
Ijab (mewajibkan), yaitu ayat atau hadits dalam bentuk perintah yang mengharuskan untuk melakukan suatu perbuatan. Misalnya, ayat yang mengharuskan untuk shalat. Atau dengan perkataan lain, Ijab adalah sesuatu yang berahala jika dilaksanakan dan berdosa jika ditinggalkan. 

Nadb (Sunnah), yaitu tuntutan untuk melaksanakan suatu perbuatan yang tidak bersifat me
  maksa, melainkan sebagai anjuran, sehingga seseorang tidak dilarang untuk meninggalkann a. Artinya: “ Hai orangorang yang beriman, apabila kamu bermuamalah tidak secara tunai untik waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya”. (Al-Baqarah: 282). 

Haram (melarang), yaitu ayat atau hadits yang melarang secara pasti untuk tidak melakuka
 suatu perbuatan. Atau dengan kata lain, Tahrim adalah antonim dari wajib. Dikerjakan mend
 pat siksa/ berdosa sedangkan ditinggalkan mendapat pahala. 

Makruh, yaitu ayat atau hadits yang menganjurkan untuk meningalkan suatu perbuatan. Atau dengan kata lain, Karahah adalah antonim dari Nadb. 

Mubah, yaitu ayat atau hadits yang memberi pilihan seseorang untuk melakukan atau meninggalkan suatu perbuatan.  Atau dengan kata lain, dikerjakan tidak mendapat apa-apa sedangkan ditinggalkan juga tidak mendapat apa-apa  --disisi Allah


c. Kedudukan 
hukum taklifi menepati posisi yang utama dalam ajaran islam karena hukum taklifi
membahas sumber hukum islam yang utama yaitu Al-Qur'an dan Hadits.

4. Ijma
Ijma’ menurut para ahli ushul fiqh adalah kesepakatan para mujtahid di kalangan ummat islam pada suatu masa setelah Rasulullah saw. Wafat atas hokum syara’ mengenai suatu kajadian,
5. Qiyas
Qiyas ialah menyamakan suatu perkara, yang jukum syara’nya tidak ada, dengan perkata lain yang ada nash hukumnya, dikarenakan adanya kesamkaan ‘illat do anara keduanya.

Kedudukan Qiyas sebagai seumber fiqih Islam
Jadi, sebagai rujukan hukum, qiyas menempati urutan keempat. Setelah al qur’an, hadis, ijtihad.

Contoh Qiyas 
Contoh qiyas ialah, bahwa Allah telah mengharamkan khamar dengan nash dalam al-Qur’anul Karim, sedang ‘illat dari pengharamannya ialah karena khamar itu memabukkan dan menghilangkan akal. Dengan demikian, bila kita menemukan minuman apa pun yang lain, seaklipun namanya bukan khamar, namun ternyata minuman itu memaukkan, maka kita hukumi minuman itu haram, karena diqiyaskan kepada khamar. Sebab ‘illat pengharaman –yaitu memabukkan terdapat dalam minuman tersebut. Dengan demikian, ia pun dihukumi haram seperti halnya khamar


0 komentar

Post a Comment