Monday, March 20, 2017

Catatan Prakerin Pada Hari Pertama "Pertama Masuk" PT. Excellent


Assalamualaikum Wr.Wb

Haii guys, disini saya akan membagi pengalaman saya di PT. Excellent Infotama Kreasindo.

Apasih PT. Excellent Infotama Kreasindo ? 
Oke, PT. Excellent Infotama Kreasindo adalah sebuah perusahaan yang berfokus kepada bidang IT, dan juga berfokus kepada service komputerisasi, yaitu : Implementasi Sistem, Konsultasi, Training/Workshop dan juga Maintenance Sistem, yang terutama dalam hal perpindahan sistem OS dari sistem Windows ke sistem Linux.

Ya, itu saja yang bisa saya jelaskan tentang tempat Prakerin saya, yaitu PT. Excellent Infotama Kresindo.

Apa Kegunaan Prakerin Bagi Kami ?
Pertama, kita jelaskan dulu apa sih itu PKL ?

PKL (Praktek Kerja Lapangan) adalah sebuah bentuk emplementasi secara sistematis antar program yang diberikan sekolah untuk kita dengan program penguasaan keahlian yang di dapat dari Prakerin agar kita bisa mencapai tingkat keahlian tertentu.

Tujuan PKL :
Tujuan agar kita sebagai siswa dapat mendapatkan sebuah pengalaman yang lebih luas dari apa yang kita dapat selama ini dari sekolah, dengan sistem PKL ini kita sebagai siswa dapat pengalaman yang lebih luas yaitu pengalaman dimana kita dapat langsung terjun ke dunia kerja, yang nanti nya akan membangun sebuah motivasi agar kita mendapat lebih dari apa yang belum kita tau, dari yang belum tau menjadi tau, dan dari yang tau menjadi lebih tau.. 

jadi intinya adalah dengan PKL kegiatan siswa dapat meningkatkan daya kreatifitas dan produktifitas dalam menghadapi dunia usaha yang nyata dan dapat meluaskan wawasan dan ilmu pengethuan siswa terhadap jenis - jenis pekerjaan yang didapat..

Cerita Prakerin "Proses Pelamaran"

Assalamualaikum Wr.Wb
Nama saya Fahmi Latief Munir, saya sekolah di SMKN 1 Kota Bekasi, dan saya melakukan Prakerin di perusahaan PT. Excellent Infotama Kreasindo.

Singkat cerita Proses Pelamaran : pada saat proses pelamaran, saya mendapatkan informasi tentang PT. Excellent dari teman, guru saya yang menyatakan bahwa perusahan PT. Excellent menerima kegiatan PKL.

Pada awal nya saya dan teman saya M.Raihan Utomo dan Alifa Tri Febrianti, mengirim email terlebih dahulu untuk mengetahui apakah PT.Excellent menerima PKL ? ternyata perusahaan ini menerima PKL, kemudian saya dan teman saya langsung menuju ke perusahaannya, setelah sampai disana kami langsung meminta izin dengan teman saya yang sudah Prakerin disana untuk bertemu dengan Bpk.  Masim Vavai Sugianto sekaligus Boss dari perusahaan tersebut, setelah itu kami diantar langsung untuk bertemu dengan Bpk. Vavai yang biasa kami panggil, dan kami pun duduk, sekaligus di inteview.
singkat cerita kami pun diterima di PT.Excellent dan hanya tinggal menunggu saja tanggal masuknya.

Cerita Hari Pertama Prakerin "Pertama Masuk"

Kami melakukan kegiatan Prakerin di hari pertama pada tanggal Senin, 20 Maret 2017, saya bersama dengan teman saya bertiga datang ke kantor PT. Excellent yang buka pada pukul 08.00, dan saya sudah datang lebih awal pada pukul 07.00, saya pun menunggu teman saya sebentar dan akhir teman saya "M.Raihan Utomo" datang pada pukul 07.10 dan teman saya "Alifa Tri Febrianti" pada pukul 07.25, dan setelah itu kami pun menunggu sampai akhirnya Pak boss datang sambil membawa kunci kantor, kantor pun terbuka dan kami pun masuk dan kami langsung disuruh menuju ke ruang atas, dan sambil menunggu teman saya yang sudah terlebih dahulu Prakerin disana, yaitu "Aditya Ramadhan" dan "Fitrah Ali" serta "Salma Salsa"..

Setelah terkumpul semua, pak boss pun masuk dan memberitahu apa saja yang harus dilakukan, teman saya "Fitrah Ali" disuruh untuk mengajar saya dan teman saya "Muhammad Raihan", "Salma" disuruh untuk mengajar "Alifa", dan "Aditya" disuruh untuk pergi ke client tapi dengan syarat harus memakai sepatu.. tetapi "Aditya" tidak membawa sepatu, dan akhirnya "Aditya" pun dimarahi dan tidak jadi pergi ke client, setelah semua itu selesai, "Fitrah" dan "Aditya" mengajarkan saya dan teman saya apa yang harus dilakukan dan apa yang harus di kerjakan ketika ada perintah dan pengiriman paket.. contohnya : bagaimana cara ngecheck Antrian email yang masuk ke PT. Excellent, mengecheck apakah ada pengiriman barang yang masuk, dan mengantar ke tempat pengiriman barang..

Setelah itu saya melakukan apa yang harus saya lakukan, seperti yang tadi saya sebutkan, dan saya sudah melaksanakan nya, dan saya sekarang hanya mencoba apa yang harus dilakukan selanjutnya seperti menscan laporan daftar training mastering zimbra, dan ternyata di PT. Excellent itu harus teliti dalam penyampaian laporan, dan tidak ada boleh ada sedikit kesalahan, karena ada moto di PT. Excellent "Malu Sekali, Tidak Tahu Sekali," dan "Salah Satu Kali Tidak Apa Apa Tapi Jika Salah Berkali Kali Kebangetan"...

Dan saya salah sekali dalam proses penscenan karena salah nama lampiran dan juga salah scan, dan dari situ saya pun sadar bahwa di PT. Excellent tidak main main dan saya harus belajar dengan serius..

Ya, mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang pengalaman Prakerin hari pertama saya.. kurang lebihnya mohon maaf..


Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar

Post a Comment