Saturday, February 25, 2017

Lab 8.7 Konfigurasi Basic Authentication Web Server Apache CentOS 7




Haiii.. kembali lagi bersama saya diblog yang mungkin bisa bermanfaat buat kalian, Aamiin..

Oke pada pembahasan yang lalu saya menjelaskan tentang klik -> "Konfigurasi HTTPS Web Server Pada CentOS 7", nah pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan "Konfigurasi Basic Authentication Web Server Apache CentOS 7"...

Pengertian dari Basic Authentication ?
Basic Authentication adalah metode dimana nanti web kita berbasis secret, yang artinya ketika kita mengakses web kita, nanti kita harus masukan username dan password jika ingin dapat akses...

Oke langsung saja kita masuk pada konfigurasi..

TOPOLOGI

Oke, pada bagian topologi, saya masih menggunakan topologi yang sama seperti pada post sebelumnya..

TABLE IP


Pada bagian IP Address pun sama, saya masih menggunakan IP Address seperti pada post sebelumnya..

Oke langsung saja kita masuk pada pembahasan...

1. Menambahkan File auth_Basic.conf 


Pertama tama kita buat terlebih dahulu file auth_basic.conf, file ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan konfigurasi basic authentication pada web server, dan untuk membuat nya bisa menggunakan command:
"nano /etc/httpd/conf.d/auth_basic.conf"

1.1. Isi File auth_basic.conf


Setelah itu isi file tersebut dengan script seperti gambar diatas..

PENJELASAN SEDIKIT
- <Directory /var/www/fahmicom> = lokasi website kita memakai basic auth, dan disini saya menyesuaikan lokasinya, karena saya ingin membuat basic nya pada masing masing domain, contoh diatas saya membuat di domain fahmi.com, jadi saya sesuaikan saja lokasi foldernya yaitu jadi fahmicom.

- AuthType Basic = type authentication yang digunakan, yang artinya authentikasi ini berfungsi untuk membatasi penggunaan akses nantinya.

- AuthName "Basic Authentication" = nama authentication.
- AuthUserFile = file user basic auth.
- require valid-user = artinya nanti kita harus diwajib login dengan user yang sudah didaftarkan atau valid.

2. Membuat User Authetication


Setelah itu kita akan membuat authentication untuk website kita atau bisa dibilang kita membuat password login untuk website kita yang nantinya akan diakses.. untuk membuat nya bisa menggunakan command :
"htpasswd -c /etc/httpd/conf/htpasswd fahmicom"
PENJELASAN SEDIKIT
- htpasswd = perintah untuk membuat password untuk website kita.
- -c = singkatan dari (create).
- /etc/httpd/conf/.htpasswd = letak penyimpan password yang dibuat.
- fahmicom = user yang akan digunakan untuk login pada websit nantinya.

3. Menambahkan file index.html (fahmi.com) 


Setelah itu kita akan membuat file index.html / manambahkan nya.. dan disini saya akan membuat authentikasi untuk domain www.fahmi.com, jadi kita akan membuat file index.html didalam folder / directory fahmi.com... untuk membuatnya bisa menggunakan command 
"nano /var/www/fahmicom/index.html"

3.1 Edit File index.html (fahmi.com)


Setelah itu isi dengan script seperti gambar diatas, untuk script boleh bebas...

4. Restart HTTPD


Setelah itu kita restart httpd nya agar konfigurasi yang atadi sudah kita lakukan bisa tersimpan dan bisa dijalankan...

5. Tahap Verifikasi


Setelah itu coba kita akses website kita (www.fahmi.com), maka ketika kita akses, website kita secara otomatis memberikan authentikasi, dan disana kita harus mengisi username dan password yang sudah kita buat tadi..


Maka nanti hasilnya akan seperti gambar diatas, setelah kita authentikasi, kita dapat mengakses kembali website kita...

Yap, sampai disini pembahasan saya kali ini, kurang lebih nya mohon maaf, dan jika ada kesalahan dalam penulisan mohon maaf juga, karena disini saya juga masih belajar...

saya Fahmi Latief Munir undur diri...

Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar

Post a Comment