Saturday, January 14, 2017

Cara Install GNS3 via - PPA di Ubuntu




Haiii guyss... kembali lagi bersama saya Fahmi Latief Munir diblog yang mungkin bermanfaat buat kalian yapp...

Oke kemarin saya sudah membahas tentang "Cara Install GNS3 Pada Windows" dan disini saya akan membahas tentang "Cara Install GNS3 via - PPA di Ubuntu"... 



Oke apa sih itu PPA ?


PPA (Personal Package Archive) adalah penyedia repositori buatan pihak ketiga di Launchpad yang dapat anda gunakan untuk menginstal (atau upgrade) paket yang tidak tersedia dalam repository Ubuntu resmi.
{ walidumar.wordpress.com } 

Oke langsung saja kita masuk konfigurasinya...
PEMBERITAHUAN : bahwa pada proses penginstalan dibutuhkannya koneksi internet..

1. Menambahkan PPA Repository


Oke pertama kita masuk dulu ke mode root dengan menggunakan command "sudo su", setelah itu kita akan tambahkan PPA Repository dengan menggunakan command :
"sudo add-apt-repository ppa:gns3/pp
Setelah itu tekan "enter" untuk melanjutkan proses penambahan PPA Repository... maka disitu kalian bisa lihat yang repostory apa saja yang ditambahkan..

2. Update Package
 

Oke setelah itu kita update package nya karena kita tadi menambahkan PPA Repository dan jika PPA Repository ingin dibaca maka harus lah kita update package setiap ada penambahan fitur baru.... dan kita bisa menggunakan command :
"sudo apt-get update"

Setelah itu tunggu sampai proses update package selesai...

3. Install GNS3


Setelah itu barulah kita masuk pada tahap installasi GNS3 dengan menggunakan command :
"sudo apt-get install gns3-gui"

Setelah itu tunggu sampai proses installasi selesai, dan ingat proses penginstalan ini harus menggunakan koneksi internet..


Maka nanti hasilnya nanti akan seperti gambar diatas...


Setelah itu kita buka gns3 nya dengan menggunakan terminal, dan menggunakan command :
"gns3"

Maka hasilnya akan seperti gambar diatas, dan kita langsung menginstall GNS3 yang terbaru yaitu "GNS3 1.5.2"..

Oke sampai disini saja pembahasan saya, kurang lebih nya mohon maaf karena disini saya juga masih belajar, dan maafkan saya jika ada kesalahan...

saya Fahmi Latief Munir undur diri..

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar

Post a Comment